Kategori
Kerajinan Tangan

2 Daerah Penghasil Kerajinan Ukiran di Daerah Jawa Tengah

Selama ini kita mengenal nenek moyang kita sebagai bangsa yang berbudaya, dan tentu saja kata kreatif sangat melekat kuat di dalam pribadi setiap orang di Indonesia. Berbicara tentang kreatifitas, sebenarnya ada banyak sekali kerajinan hasil buah tangan pribumi yang terkenal, salah satunya adalah kerajinan ukiran di jawa tengah.

Selain kerajinan batik yang sebelumnya sudah pernah kami bahas, sebenarnya masih ada 2 daerah penghasil kerajinan ukiran di daerah jawa tengah. Mana saja daerah tersebut? Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan diatas, silahkan simak pembahan kami dibawah ini.

2 Daerah Penghasil Kerajinan Ukiran Terbesar di Daerah Jawa Tengah

Lalu mana saja kah 2 daerah penghasil kerajinan ukiran di jawa tengah itu? Dua daerah tersebut adalah Jepara dan  Solo. Untuk mengetahui seperti apa kerajinan ukiran yang ada di solo dan jepara, silahkan simak dibawah ini.

Kerajinan Ukiran di Jepara

Selama ini Jepara memang dikenal sebagai salah satu daerah penghasil ukiran terbesar di Indonesia. Dan yang menarik, ukiran hasil dari pengrajin di Jepara kebanyakan menggunakan motif Tumbuhan. Apa hanya tumbuhan saja? Tentu saja tidak, motif lain yang tidak kalah banyak dijumpai adalah motif daun dan pegunungan, yang sebenarnya adalah objek-objek yang ada di sekitar lingkungan para pengrajin di Jepara.

Berbicara soal Jepara memang tidak bisa dipisahkan dengan ukiran dan mebel, bahkan dua kata ini sudah melekat dan membaur menjadi bagian dari pusat ekonomi, budaya, kesenian, politik, sampai dengan aktivitas sosial. Bisa dibilang, sejarah Jepara tidak bisa dilepaskan dari ukiran dan mebel.

Sejarah mebel dan ukiran di daerah Jepara memang sudah berjalan sangat lama, kemampuan dan bakat dalam membuat ukiran hampir selalu diturunkan dari generasi ke generasi berikutnya. Tidak hanya stuck dengan kemampuan yang itu-itu saja, kemampuan para pengrajin ukiran di Jepara juga semakin berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Ukiran memang sudah melekat dengan sangat kuat di DNA para orang Jepara.

Kerajinan Ukiran di Solo

Selain Jepara, daerah penghasil kerajinan ukiran di jawa tengah yang tidak kalah terkenal adalah Solo. Bagaimana kerajinan ukiran tumbuh subur di daerah Solo? Solo memang terkenal dengan industri kreatif, meskipun tidak sebesar daerah lain seperti Jogja dan juga Bandung. Selain Fashion dan pertunjukan seni, industri kreatif lain yang tidak kalah bagus adalah mebel ukir.

Mebel ukir yang tumbuh subur di Solo ini juga tidak bisa dipisahkan dari sejarah kota Solo yang memiliki dua keraton, yaitu Keraton Mangkunegaran dan juga Keraton Kasunanan. Banyak sekali kerajinan ukiran yang ada di kota Solo, ada yang dihapat di logam, batu, dan juga kayu.

Kerajinan ukiran yang dikerjakan oleh masyarakat Solo tidak hanya berhubungan dengan nilai ekonomis saja. Misalnya seni ukir nusantara yang dalam pembuatannya sangat berkaitan dengan erat terhadap berbagai masalah dan persoalan yang ada di kota Solo. Selain itu, seni ukir tradisional daerah Solo banyak juga yang timbul sebagai sebuah persembahan leluhur yang dipercayai oleh masyarakat Solo.

Baca Juga: 3 Daerah Penghasil Batik Ternama di Jawa Tengah

Itulah kota Solo dan Jepara, 2 daerah penghasil kerajinan ukiran di jawa tengah yang sudah sangat melegenda, baik di kancah Nasional maupun Internasional. Jika kamu adalah salah satu pengkoleksi mebel ukir, Solo dan Jepara adalah dua kota yang sangat cocok untuk kamu jadikan sebagai kota hunting mebel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *